YhanthyDech's Blog

It's abOut Life, You, mE anD Them
Asieknya Naik Kereta Commuter Line

Asieknya Naik Kereta Commuter Line

Naik kereta api…. tut… tut …tut
Siapa hendak turun
Ke Bandung….. Surabaya
Bolehlah naik dengan percuma
Ayo temanku lekas naik
Keretaku tak berhenti lama
Cepat keretaku jalan …tut …tut …tut
Banyak penumpang turut
Keretaku sudah penat
Karena beban terlalu berat
Di sinilah ada stasiun
Penumpang semua turun

Masih ingat lirik lagu di atas??? Lagu ini sewaktu kanak-kanak terdengar menyenangkan. Malah sering dinyanyikan saat bermain bersama teman-teman masa kecil. Padahal di Makassar belum ada kereta api. Tapi, yah namanya anak-anak. Segalanya akan membahagiakan meski hanya hal-hal kecil.

Sabtu kemarin Ahad dan Sabtu (28-29/Juli) akhirnya saya bisa merasakan naik kereta. Membayangkan Kereta api yang akan mengeluarkan asap seperti bayangan masa kecil dulu, ternyata tidak seperti itu. Kereta yang dinaiki ini Kereta Rel Listrik (KRL) namanya Commuter Line atau kereta komuter.

Asieknya Naik Kereta Commuterline
Antri di loket pembelian kereta Commuterline

Kami berangkat dari jalan Jagakarsa, Jakarta Selatan menuju Stasiun Lenteng Agung, berjalan sedikit dan terlihat sudah banyak calon penumpang yang antri, ada yang antri di loket pembelian kartu elektronik dan juga antri di depan vending machine,

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 35 tahun 2016 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik (Public Service Obligation / PSO). Tarif untuk menggunakan kereta commuterline ini dikenakan biaya:

    • Rp 13.000 (untuk 25 Km pertama)
    • Dan tambahan Rp 1000 untuk setiap 10 Km berikutnya
Asieknya Naik Kereta Commuter line
Tiket Harian Berjaminan (THB)

 

Peta Rute KRL
Sumber: www.krl.co.id

Kartu elektronik yang digunakan hari itu Tiket Harian Berjaminan (THB) yang hanya bisa dipakai selama sepekan. Sewaktu akan ke Bogor bersama teman, dia mengantri THB dan membayar 18,000 rupiah, dengan deposit 10,000 rupiah. Lalu sewaktu, saya akan kembali pulang ke Bandung, saya hanya membayar THB 13,000 rupiah, dan turun di Stasiun Ir. Juanda lalu mengambil jaminan sebesar 10,000 rupiah, dan berjalan kaki ke Stasiun Gambir. Kalo ini, membeli tiket sesuai harga dan kelas sebelum keberangkatan, karena tiketnya cepat habis.

Oh ia, selain THB ada juga Kartu Multi Trip dapat isi ulang saldo dan bisa digunakan berkali-kali seharga 50,000 rupiah.

Asieknya Naik Kereta Commuter line
Kartu Multi Trip

Memasuki gate, THB tadi ditempelkan ke pintu masuk dan akan terlihat tanda check list hijau menandakan pintu terbuka. Di area kereta ada dua jalur, saat akan memilih kereta yang akan dinaiki perhatikan tujuan kereta dan juga papan informasi pemberitahuan kereta yang akan datang, Jangan sampai salah naik kereta. Gerbong pertama dan gerbong terakhir adalah gerbang khusus wanita. Nyamanlah kalau berada di gerbong ini, ada stiker wajah berwarna pink yang menjadi penandanya.

Asieknya Naik Kereta Commuterline
Tempelkan THB dan pintu gate akan terbuka

Saat kami akan berpindah kereta juga, kami melihat calon penumpang berlarian ke jalur sebelah, dan ternyata terlambat sedikit saja kereta akan pergi meninggalkan. Dan juga, jarak waktu pintu kereta terbuka lalu menutup dengan durasi waktu sekitar 1 menit. gerakan harus gercep, gerakan cepat ­čść

Asieknya Naik Kereta Commuterline
Gerbong khusus perempuan

Mengasyikkan ternyata, karena tak perlu repot dengan kemacetan kota Jakarta, meski yang tidak asyik itu adalah berdiri  selama hampir 2 jam ketika ke Bogor karena tak dapat tempat duduk. Saat pintu kereta terbuka dan ada perempuan bersama anakanya naik, wanita muda yang duduk itu mempersilahkan si ibu untuk duduk.

Ada aturan yang dibuat oleh pihak KRL, dan itu sangat membantu dan terlebih membuat orang lain untuk tidak egois dan awarness terhadap sekitar.

Asieknya Naik Kereta Commuterline
Gerbong keretanya bersih

Berminat mencoba menaiki kereta yang saat  ini sedang dalam pengerjaan di Makassar, semoga cepat terelisasi dan selesai.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.