YhanthyDech's Blog

It's abOut Life, You, mE anD Them
Bazar Sampah, Edukasi untuk Anak

Bazar Sampah, Edukasi untuk Anak

Ahad, 3  Januari 2016, mengisi waktu di kegiatan BMT Kube Sejahtera 036 Makassar, sesuai janji dan ajakan sewaktu bertemu bu Yanti di kegiatan Bintang Muda Care. Kegiatan yang bergerak di pemberdayaan ini sudah dilakukannya sejak lama, bersama suaminya pak Arif menginisiasi kegiatan Senyumku, targetnya adalah masyarakat di sekitar tempat tinggal di Kelurahan Maccini Gusung, yang mana penduduk yang tinggal umumnya adalah masyarakat kurang mampu, dengan lingkungan padat dan kumuh.

Botol Plastik yang akan ditukar dengan 3 Kupon
Botol Plastik yang akan ditukar dengan 3 Kupon

Kali ini, kegiatan Senyumku mengarah pada pengumpulan sampah plastik, Bazar Sampah, Senyumku Bersih. Setiap anak yang berada di kelurahan Maccini Gusung yang ingin berkontribusi disyaratkan untuk membawa 10 botol plastik ukuran 1,5 Liter  yang akan ditukar dengan 3 kupon.

3 kupon ini terdiri dari warna merah untuk makanan, warna biru untuk minuman, warna hijau untuk mancing ikan berhadiah (doorprize).

Area Pemancingan
Area Pemancingan Berhadiah

Dengan bantuan Muzakki yg ingin berbagi (donatur, pemberi ZIS, Zakat Infaq, Shadaqah)serta fungsi Baitul Maal wa Tamwil (BMT), bukan hanya bisnis (tamwiil), tapi juga kegiatan sosial (Maal), maka kegiatan ini dapat terlaksana.

Melatih Kecerdasan Emotional Anak

Tidak semua apa yang diinginkan itu tercapai, seperti ketika mengharapakan hadiah tas namun yang didapat adalah tempat pensil atau Zonk. Belajar ikhlas dan menerima kalo ngga dapat apa-apa. Sampai si ibu yang menemani anaknya pun terikut emosi, ada yang memarahi dan ada juga yang menasehati. Kayaknya si ibu-ibunya nih yang sangat antusias =D

Kegiatan ini juga untuk mengedukasi anak untuk LISA, LIhat ki’ Sampah Ambil ki‘ yang juga merupakan salah satu program pemerintah kota Makassar. Anak-anak dilatih  untuk tanggap terhadap kebersihan disekitarnya seperti sampah plastik, mengumpulkan 10 botol bekas dengan tekun.

Penukaran Kupon

Berfoto saat Penukaran kupon
Berfoto saat Penukaran kupon

Mengajari anak-anak untuk membudayakan antri. Mereka diminta untuk berbaris 2 dan mengantri dengan tertib, namun saking bersemangatnya meminta mereka untuk baris rapi itu gampang-gampang susah. Sepertinya mereka takut kehabisan kayaknya, menunggu giliran penukaran kupon dan disiplin serta suportif dalam permainan.

Harapannya juga dengan kegiatan ini dapat membina silaturrahim antar anak seKelurahan Maccini Gusung

Melatih Tim

Di kegiatan ini, yang menjadi panitia adalah anak-anak. Dengan penampilan baju kaos merah yang mereka sepakati bersama. Faktanya mereka juga punya organisasi bernama TAMG (Tim Anak Macconi Gusung). Panitia inilah yang melayani penukaran, mulai dari penukaran botol plastik, penukaran kupon dengan makanan dan minuman serta penukaran kupon untuk permainan pemancingan.

Tim Panitia terdiri dari Anak-anak
Tim Panitia terdiri dari Anak-anak

Meski demikian, mereka tetap didampingi oleh orang dewasa dan di kegiatan itu pula hadir kepala Lurah Maccini Gusung  Bapak  Ahmad Rijal, S.Ip yang antusias dan mendukung kegiatan Senyumku.

Selain kegiatan  Bazar Sampah, BMT KUBE Sejahtera 036 Makassar  juga melakukan kegiatan Senyumku yang lain yang diadakan di hari Jumat, Sedekah Jumat. Donasi RP 10,000,- peranak bagi anak-anak di kelurahan Maccini Gusung.

Bersama Pak Lurah Kecamatan Maccini Gusung
Bersama Pak Lurah Kecamatan Maccini Gusung

Related Post

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.