YhanthyDech's Blog

It's abOut Life, You, mE anD Them
Bendungan Bettu, Alternatif Rekreasi Warga Bulukumba

Bendungan Bettu, Alternatif Rekreasi Warga Bulukumba

Hari senin (14/04), hamparan sawah menguning dan aroma jerami yang terbakar di sore hari menambah indahnya pemandangan kecamatan Gantarang kabupaten Bulukumba, menyusuri jalan berbeton menuju rumah ketua panitia kegiatan Pelatihan karya tulis STKIP Muhammadiyah.

Sesuai dengan plan, setelah bersilaturahim untuk pamit pulang ke Makassar dengan ketua STKIP bersama dengan teman yang lain kami hendak menikmati buah rambutan dan langsat. Jarum jam speedmotor menunjukkan angka 60 km/jam. Kelajuan yang amat terbilang kencang, pikirku. Mesti berhati hati, sepanjang jalan ada gundukan jalan yang disengaja untuk membuat para pelaju kendaraan mengurangi kecepatan.

RL
Buah rambutan dan langsat

Di rumah tujuan, kami disambut dengan sebaskom penuh rambutan dan langsat, buahan yang sedang musim, di sepanjang rumah penduduk pohon rambutan berdiri dengan kokoh, juntai buahnya membuat perasaan ngiler bak orang yang tak pernah makan buah rambutan. Merah menutupi daunan.

Keramahan desa dan penduduknya yang sedikit terlupa di kota besar dibalut sore yang beranjak senja, menyusuri tanah yang basah menuju belakang rumah. Terdengar aliran sungai yang menarik hati untuk berendam.

IMG_8614
Sungai bialo kecamatan Gantarang
IMG_8624
Bendungan Bettu

Bendungan bettu  dibuat untuk irigasi dimana aliran sungai bialo yang mengairi lahan pertanian sekitar 7000 hektar. Bendungnya bersifat semi teknis dengan type tetap, dibangun pada Tahun 1982. Kecamatan Gantarang merupakan sentra produksi gabah dan beras di Bulukumba.

Di tempat itu sebuah kolam yang besar yang dijadikan tempat permandian oleh warga sekitar. Setiap hari dan puncaknya di hari Ahad tempat itu ramai dikunjungi. Dan tersedia juga fasilitas penyewaan ban dan gasebo, serta warga yang menjual makanan dan minuman. Sebuah alternatif tempat untuk berekreasi dan menghilangkan penat dengan berendam berlama-lama tanpa harus membayar uang masuk. Meski demikian, penataan dan kebersihan harus menjadi perhatian bagi pengunjung pula.

IMG_8627
Kolam

 

 

Related Post

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.