Catatan dari Rapat Tahunan Makassarpreneur

Posted by

Hari itu, hujan turun sejak malam dan tak ada tanda-tanda akan reda ataupun matahari akan menyapa. Waktu sudah menunjukan pukul 10.00 lewat, padahal hari ini saya akan berada diantara teman-teman yang akan berdiskusi tentang Makassarpreneur dalam rapat tahunan. Yah, Makassarpreneur adalah sebuah lembaga atau rumah yang memperkenalkan saya dengan para pengusaha, UKM dan dunia pendampingan.

Jadi ceritanya rapatnya akan dimulai pukul 09.00 teng waktu Makassar. Karena nunggu hujan reda yang tidak kunjung reda, jadilah saya telat. Menuju lokasi rapat, saya naik motor bersama adik, dan sesekali kecipratan genangan air. Basah.

Di ruangan meeting sudah berada teman-teman pengurus lainnya, dan rapatpun sudah sejam berlalu. Suasana dingin dari luar terasa hingga ke dalam ruangan, bahkan lebih dingin karena AC yang diset pada posisi 17 derajat celcius.

Wah, ternyata meski hujan deras, yang datang duluan benar-benar ontime. Alhasil, tertinggal beberapa  poin diskusi tentang Makassarpreneur. Dua tahun terakhir kegiatan apa saja yang terlaksana dan laporan keuangan yang saldonya, Masya Allah, selama jadi bendahara saya ngga pernah liat digit angka seperti itu. Beneran salut dengan kak Tasrin selaku pimpro (bilang pak direktur ngga yah =D ).

Di Hotel Ibis Jalan  Maipa, tanggal 29 Januari 2017, membahas beberapa agenda diantaranya Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Lama, Pembagian Profit Ownership, Perubahan Akta Organisasi dan Pemilihan Pengurus Baru. Bahkan sesi curhat pun disediakan.

Laporan Pengurus Lama

Sesi pertama dari rapat kali ini diawali dengan pemaparan program-program yang telah dilaksanakan oleh pengurus dimana sebagian besarnya adalah survey yang dikerjasamakan dengan Bank Indonesia KPW Sulawesi Selatan. Sisanya adalah pemberdayaan berupa pendampingan ekonomi keluarga pasien TB MDR kerjasama dengan NA Aisyiyah Sulawesi Selatan dan pendampingan wirausaha perempuan dalam program Bintang Muda yang dikerjasamakan dengan Care International Indonesia.

Pembagian Saham Owner

Sesuai dengan kesepakatan rapat dua tahun lalu di rumah makan Wong Solo, kepemilikan atau ownership Makassarpreneur mengacu pada aset tangible dan intangible. Dimana aset yang dimiliki oleh setiap orang yang tergabung sejak awal berdirinya. Sehingga, hasil yang didapatkan oleh setiap orang juga akan berbeda-beda.

Perubahan Akta Organisasi

Sesi diskusi kali ini, cukup memakan waktu yang panjang karena menyangkut bentuk badan hukum dari Makassarpreneur. Akhirnya lahir kemudian kesepakatan bahwa kedepan Makassarpreneur akan berbentuk PT, CV dan Lembaga itu sendiri.

Pemilihan Pengurus

Berdasarkan perubahan akta yang sudah dibahas pada poin diatas, maka Direktur secara umum diamanahkan kepada om Fajrin Fahrezi. Sedangkan masing-masing badan hukum akan dipimpin oleh Gadis Kinanti pada Lembaga, kak Tasrin Halid pada CV dan Fajrin Fahrezi pada PT.

Program Kerja

Sesuai dengan visi misi Makassarpreneur itu sendiri, maka program kerja yang akan dilakukan adalah mencetak sebanyak mungkin pengusaha muda, melakukan pendampingan, menjadi event organizer, survey dan riset UKM dan beberapa hal yang terkait dengan dunia entrepreneurship.

Tanpa terasa Makassarpreneur sudah berumur 7 tahun lebih. Sebuah komunitas yang awalnya diinisiasi setelah project  ILO (international Labour Organization),  Pelatihan kewirausahawan “Start Your Business”, yaitu modul pelatihan wirausaha pada tahun 2009 di Makassar melalui Program EAST (Education and Skill Training) berakhir. Harapannya teman-teman yang setelah dilatih menjadi pengusaha atau entreprneur dan mengembangkan jiwa entrepreneurship muda yang mandiri itu tetap menjalin komunikasi . Dan di tahun 2012 Makassarpreneur kemudian dilembagakan dan menjadi BDS (Business Development Service).

Untuk tahu lebih banyak apa itu Makassarpreneur, sila berkunjung ke Makassarpreneur.com

Related Post

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *