Kunjungan Industri bersama Mahasiswa Teknik Mesin

Posted by

Salah satu kegiatan yang diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa terkait dengan aktifitas kampus di ruang kelas adalah Kunjungan Industri. Dengan melakukan kegiatan ini, mahasiswa bisa melihat, memahami dan merasakan secara dekat apa saja kebutuhan dan kegiatan yang dilakukan di sebuah industri. Ini kali ketiga, saya ikut dalam rombongan kegiatan Kunjungan Industri yang diadakan oleh mahasiswa Teknik Mesin Universitas Fajar Makassar ke PT, Industri Kapal Indonesia (PT.IKI) Makassar Sulawesi Selatan.

Sebelumnya bersama angkatan yang berbeda mengunjungi PT. Semen Tonasa di Pangkep, dan PT. Bososwa di Maros.

Kamis, 13 Juli di PT. IKI, kami diterima oleh pimpinan bagian SDM Bapak Isa bersama staf K3 di ruang aula pada pukul 10 pagi dan juga yang akan menemani dan mendampingi proses kunjungan di area industri bersama 35 mahasiswa angkatan 2015 dan 2016. Kunjungan ke lapangan ini dibagi menjadi dua group, sebelum memasuki area setiap orang diberikan helm.

Cuaca saat itu lagi mendung, kami diajak melihat proses pembuatan kapal, melihat pengelasan yang dilakukan oleh karyawan, disana juga banyak anak sekolah kejuruan yang sedang melakukan Praktek Industri. Butuh keterampilan dan jam terbang yang tinggi sebagai seorang welder, terlihat dari kerapihan hasil las di dinding-dinding kapal.

Setelah kurang lebih sejam menyusuri area industri, kemudian kembali ke ruang aula dan sharing hasil kegiatan serta menutup kegiatan pada hari itu dengan berfoto bersama dan pemberian plakat.

 

Related Post

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *