Kunjungan Industri Mahasiswa Universitas Fajar ke PT. Eastern Pearl Flour Mills

Kunjungan Industri Mahasiswa Universitas Fajar ke PT. Eastern Pearl Flour Mills

Posted by

Kunjungan industri Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Fajar kali ini ke PT. Eastern Pearl Flour Mills yang memiliki 2 (dua) pabrik, keduanya berlokasi di pantai barat pulau Sulawesi Indonesia Timur, satu pabrik berada di ‘sisi laut’ dan pabrik kedua yang lebih baru berada di sisi kota. Perusahaan ini beralamat di Jalan Hatta 302 Makassar, Sulawesi Selatan.

Bersama sejumlah 20 mahasiswa beserta dosen Ibu Asmeati dan Bapak Muhammad Yusuf Ali, kami berangkat dari titik kumpul di kampus Universitas Fajar Makassar di hari Selasa 27 Februari 2018. Sedang pagi itu jam menunjukkan pukul 10  dan kami diterima di ruang meeting oleh bapak Ir. Bambang Suharnanto bagian General Affairs.

Baca juga Kunjungan industri ke PT. IKI

Di ruang meeting, kami diberikan penjelasan mengenai perusahaan dan visi misi, human resource, standar ISO, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dan bagaimana proses pengolahan gandum menjadi tepung terigu pada setiap pemakaian termasuk protein tinggi, protein menengah dan tepung serbaguna. Oh ia, semua produk melalui standar yang ketat loh.

Nah, teman-teman pernah menggunakan tepung dengan merek Kompas, Gerbang, Gatot Kaca dan Teko Merah??? Itu adalah produksi dari PT. Eastern Pearl Flour Mills. 

Dari pihak HRD, memberikan beberapa saran kepada mahasiswa  dalam memasuki dunia kerja, yaitu:

  • memiliki kemampuan bahasa inggris,
  • minat dan bakat atau passion
  • team work dan mampu berkomunikasi dengan atasan, dan sesama rekan kerja.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa mencari orang pintar itu mudah, tetapi mencari orang yang punya attitude yang baik itu sulit.

Menerima penjelasan mengenai perusahaan

Lalu dilanjutkan penjelasan oleh bagian produksi. Di penggilingan tepung ada beberapa tahapan proses produksi yang dilalui, unloading, cleaning, conditioning, milling, packing dan pelletizing. 

Sebelum ke tempat penggilingan terbesar keempat di dunia itu kami diminta untuk menggunakan pakaian K3 dan helm standar. Menaiki tangga atau lift ke lantai atas dimana sebagai tempat penampungan atau unloading gandum sebagai bahan mentah.

Pabrik tepung terigu ini memiliki fasilitas pelabuhan sendiri di samping pabrik, dengan pembongkaran dari kapal secara pneumatik memungkinkan pembongkaran secara langsung ke dalam silo, sehingga menjaga kualitas gandum dengan penyimpanan gandum secara efisien. Dari atas, kita bisa melihat sisi-sisi Kota makassar dari pinggir laut dan menjadikannya spot foto juga.

Dari  atas bangunan pabrik kami turun ke setiap lantai menuju bagian proses pengayakan atau milling terjadi. Lalu kunjungan dilanjutkan di Control Room, disini kita bisa melihat proses keseluruhan  yang terjadi. Sehingga kepastian kualitas mutu  yang dihasilkan dapat terjamin.

Selain tepung terigu yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya akan roti; biskuit; Kue; mie instan, basah dan kering. Pabrik ini juga menyediakan tepung untuk pakan ternak termasuk aqua-feed, dedak dan pellet.

Kunjungan Industri Mahasiswa Universitas Fajar ke PT. Eastern Pearl Flour Mills

 

 

 

 

Related Post

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *