My Traveling

Posted by
Sejauh mata memandang, akhirnya sampai juga di tempat yang dituju, desa Buakkang Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Meski dengan perjuangan yang cukup melelahkan karena dilakukan pada waktu puasa di hari ke  dua (Juli, 2012), belum lagi medan yang cukup menantang . Tapi, alhamdulillah semuanya terbayarkan dengan pemandangan yang begitu indah dan keramahan penduduknya.
Untuk ke desa ini, dapat ditempuh dengan naik motor atau mobil, jalannya yang sudah beraspal sangat memudahkan untuk melakukan perjalanan ini, namun  yang jadi masalah kalau kitanya ngga bisa mengontrol kendaraan yang kita pakai. habis jalanannya itu berkelok dan agak sempit, belum lagi mendaki dan menurun. Bisa-bisa kalau tidak hati-hati menabrak kendaraan yang tiba-tiba muncul dari depan atau terjung ke jurang.
Setelah memarkirkan motor di salah satu rumah penduduk, Bersama Kak Bahrul, dan kak Tya, kami kemudian berjalan-jalan melihat pemandangan yang ada (jadi ingat lagu anak-anak nih). Karna kak Bahrulnya sudah pernah datang kemari, maka beliau yang jadi pemandunya dan itu gratis loch.  Tadinya datang berempat dengan kak Ari, namun dirinya sedang ngobrol sama warga.
 
Secara, meski matahari bersinar terik namun yang dirasakan suasana yang dingin, adem. Jadi pengen lama-lama, tapi karena ada kegiatan lain lagi, jalan-jalannya disudahi dulu. 
Tanahnya yang subur, memungkinkan tanaman apapun bisa tumbuh secara liar. Salah satunya tanaman ganyu, dulu tanaman ini hanya merupakan tanaman liar saja, namun dalam perkembangannya setelah dibina oleh Makassarpreneur tanaman ini kemudian diolah menjadi salah satu sumber pangan. setidaknya sudah ada 20 orang petani yang telah mengembangkan tanaman ini.
Tanaman ganyu atau ganyong (jawa)atau ganyol (bahasa sunda) atau arrowroot (latin) adalah sejenis umbi-umbian yang mengandung banyak karbohidrat. Untuk kebiasaan lama, umbi ganyu ini dimanfaatkan sebagai makanan cemilan dengan cara direbus atau dikukus dengan kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi.
Hasil olahan pati ganyu bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka makanan seperti kue kering, roti, kerupuk, mie, makanan bayi, dodol, kue black forest, brownies dan beberapa jenis makanan lain. Selain itu ternyata pati yang diberikan air lebih banyak tersebut dapat digunakan sebagai pembuat lem. Jadi, tepung ganyu boleh dikatakan produk tengah antara tepung terigu dan tepung tapioka.
Desa Buakkang ini bisa menjadi salah satu tempat untuk berwisata ataupun ingin menikmati pemandangan alam. 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *