YhanthyDech's Blog

It's abOut Life, You, mE anD Them
Pesona Gunung Tangkuban Parahu

Pesona Gunung Tangkuban Parahu

Jawa Barat selalu punya tempat yang memorable. Destinasi wisatanya sudah dikenal oleh banyak orang, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Dan Gunung Tangkuban Parahu menjadi salah satu destinasi Taman Wisata Alam yang rasanya tak lengkap jika datang berkunjung ke Jawa Barat yang lokasinya berada di Cikole, kecamatan Lembang kabupaten Bandung.

Nah, tempat ini menjadi destinasi wisata yang saya kunjungi bersama teman-teman dari nusantara yang lagi ikut program magang dosen di kampus Institut Teknologi Bandung di hari Ahad 2 September 2018. meski sebelumnya sudah pernah kemari di tahun 2014 (sepertinya saya pernah menuliskanya di blog ini juga 😉)

Sarapan pagi sebelum perjalanan ke Gunung Tangkuban Parahu

Perjalanan ditempuh menggunakan bus ITB ke arah Lembang. Beberapa titik tempat menjadi tempat persinggahan sementara, dimulai dari wisata taman gajah yang dulunya selalu menjadi tempat pertemuan dengan dosen magang dari UNPAD di program magang dosen sebelumnya jika akan bersama ke Gunung Tangkuban Parahu. Lalu bus singgah menepi kembali di tempat jajanan untuk sarapan pagi. Berbagai menu pilihan menjadi daya tarik warung pinggiran yang berhadapan dengan warung makan. Ketan bakar, pisang keju, susu murni, bandrek, ataupun jagung bakar menjadi pilihan sarapan.

Gunung Tangkuban Parahu

Memasuki kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu, bus berhenti di tempat parkir yang telah disediakan. Besaran tiket masuk disesuaikan dengan hari biasa sebesar Rp 25.000/orang dan weekend Rp 35.000/orang jika menggunakan roda empat dan ini berlaku untuk wisatan lokal, kalo wisatawan asing dikenakan Rp 200.000/orang untuk hari biasa dan Rp 300.000/orang untuk weekday.

Berfoto bersama teman-teman dosma

 

Pemandangan kawah Gunung Tangkuban Parahu

 

Teman sekamar, sama-sama dari Makassar beda kampus

Dari tempat parkir, untuk sampai ke atas dan melihat kawah Gunung Tangkuban Parahu menggunakan mobil kecil yang akan mengantar dengan biaya tiket masing-masing Rp 3.500 perorang untuk  pergi pulang. Tapi jika menggunakan kendaraan pribadi sudah disediakan tempat parkir juga.

Papan nama ke arah 2 kawah lainnya
Berfoto di depan kawah

Gunung Tangkuban parahu memiliki 3 kawah yang cukup terkenal yaitu kawah ratu, kawah domas dan kawah upas. kalo hitungan umur ketiga kawah ini sudah berumur puluhan ribu tahun berdasarkan penelitian para ahli. Bau gas belerang atau sulfur begitu menyengat dari ketiga kawah ini, jadi siapkan masker jika berencana akan kemari.

Menyimak Penjelasan dosen pembiina

Puas berfoto bersama teman-teman perjalanan selanjutnya dilanjutkan ke air cikaharipan menuju ke arah atas melewati beberapa pendakian anak tangga. Dan menyusuri jalan setapak yang ditumbuhi pohon yang rindang. Rasanya seperti berada di pemandangan drama Korea. Dan faktanya Indonesia juga punya tempat menarik yang jarang terekspose.

Foto ramai-ramai sebelum perjalanan ke air cikaharipan

 

Jalanan menuju air cikaharipan

 

Setelah pendakian yang panjang

Berniat kemari, siapkan lagi stamina yang cukup untuk menanjak dan perhatikan jalur yang dilalui karena di sepanjang jalan pendakian sebelah kirinya adalah jurang.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.