5 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Membeli Mobil 

Saat kondisi atau situasi yang membutuhkan mobilitas tinggi, keinginan untuk memiliki kendaraan seperti membuncah di hati. Bukan tidak mungkin, karena kegiatan yang menuntut untuk hadir dan berharap semuanya bisa berjalan dengan maksimal. Tak ayal, keinginan untuk membeli mobil itu selalu menjadi cita-cita.

Pernah satu hari, saat akan menghadiri kegiatan yang jaraknya lumayan jauh dan kondisi hari itu yang panas terik, membuat berfikir seribu kali. Akhirnya batal hadir. Yah, pernah juga saat keluarga di kampung sedang sibuk-sibuknya acara, entah pernikahan, akikah atau berita yang sedih. Melihat orang tua yang harus pergi pulang menggunakan kendaraan penumpang, rasanya berat juga. 

Tapi rencana memiliki mobil masih sebatas cita-cita, memiliki kendaran roda empat dengan masih berbagai pertimbangan, selain dengan budget yang belum terpenuhi juga masih ada kondisi lain yang perlu dijadikan pertimbangan.

Jangan kemudian keinginan itu merupakan perilaku impulse buying atau pembelian yang tidak direncanakan.

Memiliki mobil, sebaiknya mempertimbangkan 5 hal sebagai berikut :

1. Kenali kebutuhan

Memiliki mobil dengan menyesuaikan gaya hidup, tinggal di kota atau pinggiran kota ataukah status lajang atau memiliki keluarga besar.  Mempertimbangakn kebutuhan akan suatu mobil berdasarkan Harga Beli (Buying Price), Harga Perawatan Maintenance Price), Jumlah Pintu (Number Of Doors), Kapasitas (Capacity), Ukuran Bagasi (Size Of Luggage Boot) serta Estimasi Keamanan (Estimated Safety) dengan berdasar pada Tingkat Penerimaan (Car Acceptability)

Mobil dengan kapasitas dan ukuran garasi disesuaikan jika memiliki keluarga besar, atau akan melakukan perjalanan jauh. Mengenali model mobil dan spesifikasinya, mobil Kijang Innova misalnya dengan Eksterior Toyota New Kijang Innova yang tampak elegan. 

Eksterior Toyota New Kijang Innova

Toyota New Kijang Innova  2022  

(sumber gambar: https://auto2000.co.id/mobil-baru-toyota/p/innova/eksterior)

2. Budget yang akan disiapkan

Pemasukan harus lebih banyak dari pengeluaran, mengapa? Yah sudah dipahami jika tak ada perencanaan dalam pembelian sebuah item, maka itu akan menjadi bumerang bagi diri sendiri. Belum lagi pertimbangan biaya operasional seperti pembelian bahan bakar. Dengan bahan bakar berkualitas membantu memelihara kinerja mesin dan yang akan mempengaruhi pengeluaran.

Biaya lain yang perlu disiapkan dalam budget adalah pajak yang akan dibayar setiap tahun.

Oh ia di Auto2000, disediakan kemudahan untuk membuat perencanaan dalam membeli mobil dan waktu pemesanan. Dengan menggunakan konsep “seamless end-to-end customer experience”, Auto2000 memastikan pelanggan merasakan pengalaman pelayanan di platform digital yang sama baiknya dengan yang diterima di cabang Auto2000.

kemudahan pesan mobil toyota

Baca juga : Celebes Canyon, Wisata Alam Barru

3. Pelayanan   dealer,   layanan   purna   jual

Hal yang dasar juga, mempertimbangkan harga jual kembali siapa tahu dikemudian hari akan dijual lagi, terlebih dengan biaya penyusutan jika melihat mobil sebagai kebutuhan dan investasi. Sebagai informasi harga mobil akan tetap tinggi jika suku cadangnya murah dan mudah diperoleh, serta pemakaian bahan bakarnya irit.

Toyota

4. Test jalan

Merasakan performa mesin dan mudah serta kenyamanan untuk dikendarai sebelum dibeli itu perlu. Bagaimana rasanya berkendara, rem, transmisi, Visibilitas, kemampuan manuver dengan mencobanya dengan melewati tanjakan atau turunan dan saat kendaaran melewati tikungan yang tajam, kebisingan kabin, sistem kontrol iklim serta fasilitas elektronik.

5. Memiliki Garasi

Seiring dengan kebutuhan akan pemakaian mobil, banyak yang lupa jika mobil itu butuh tempat untuk di parkir. Bukan diletakkan di pinggir jalan, dan mempengaruhi lalu lintas tetangga. Penting, untuk sebelum memiliki mobil, pertimbangan garasi menjadi salah satu konsekuensi dari kebutuhan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *