Bersepeda, Perhatikan 3 Hal Ini

bersepeda, perhatikan 3 hal ini

Hembusan angin pagi mengajakku untuk berlama-lama di tempat tidur. Rencana pagi itu akan pergi bersepeda di tanggal merah yang tadinya akan digunakan untuk bermalas-malasan.

Jika tak diingatkan oleh bapak yang bertanya ke mama, tentang agenda bersepeda pagi itu, mungkin pelukan bantal masih menolak untuk dilepaskan.

Menggunakan pakaian berwarna kuning, memanggul tas agar jilbab tak diterjang angin. Rasanya pagi itu, sudah lama sekali ayunan sepeda tak dilakukan, sejak SMP saat sepeda hilang di malam hari di hujan yang lebat.

Melaju ke pantai losari sebagai titik kumpul awal, rencana bersepeda start awal pukul 7 pagi, namun molor sampai 7.15 wita. Bersama team UCC (Unifa Cycling Club) di hari Sabtu, 9 November 2019 melaju melalui 4 etape, yaitu:

  • Etape I, Pantai Losari (Makassar)
  • Etape II, Danau Tanjung Bunga
  • Etape III, Jembatan pertigaan Tugu Barombong, dan
  • Etape IV, Tugu Villa (Takalar)
bersepeda, perhatikan 3 hal ini
Menunggu di etape ke dua

Akhirnya, sampai di tugu villa, Galesong Utara Takalar pada pukul 9 pagi lewat, sambil menikmati suasana pantai dan deburan ombak. Dan tentunya santapan ikan bakar yang kesemuanya difasilitasi sama Pak Amirullah, Terimakasih Pak 😀

bersepeda, perhatikan 3 hal ini
Team UCC berpose di depan Pantai

Saat ke Tebing Keraton, Bandung di tahun 2018 lalu, terlihat banyak club sepeda yang sedang berkumpul untuk ke sana. Sempat terfikir, kayaknya menarik jika bisa melakukan itu juga. Dan akhirnya, cerita itu kesampaiannya hari ini.

Menempuh perjalanan dengan menggunakan sepeda dalam waktu yang lama dan jarak yang jauh itu ternyata butuh effort yang luar biasa, mungkin karena khawatir kalau kalau dari personil UCC ada yang tiba-tiba pingsan atau lelah sehingga Pak Amirullah menyiapkan mobil pick up-nya. Syukurnya semua sampai dengan selamat tanpa perlu naik ke mobil.

Khawatir dengan rasa lelah yang menyerang, selama bersepeda Pak Amirullah dan Pak Erman ngasih saran biar ngga capek sih. Dari saran mereka berdua, saya menyimpulkan 3 poin yang perlu diperhatikan. Apa saja itu?

Bersepeda, Perhatikan 3 Hal ini

Ketinggian Sadel atau Dudukan Sepeda

Saat bersepeda, posisi kaki saat mengayuh disesuaikan dengan panjang kaki, ketinggian sadel mempengaruhi performance sehingga saat mengayuh tidak cepat lelah. Jika posisi kaki terlihat tertekuk saat mengayuh, disinilah sadel perlu diatur kembali ketinggiannya. Akan sangat tidak nyaman menyusuri kilometer yang jauh dengan kondisi demikian.

Atur Gear Sepeda pada Kondisi yang Berbeda

Bagi sepeda jaman sekarang yang dilengkapi gear, saat melalui trek atau jalur, jalanan yang mendaki dan menurun. Juga saat akan mempercepat ataupun memperlambat kayuhan, pengaturan gear sangat penting. Kenali kapan harus mengoper gear, menaikkan atau menurunkan. Pengaturan diatur pada setang kiri sepeda. Kayuhan akan terasa berat, manakala posisi peerpindahan gear tidak diatur.

Posisi Tubuh

Posisi tubuh agak condong ke depan, tapi tidak seperti terlihat mau balapan yah teman. Saat megayuh sepeda perhatikan jalur di depan. dan atur posisi pada posisi yang nyaman.

Dan sebagai tambahan untuk diperhatikan lagi, ada baiknya saat bersepeda gunakan kaos tangan, helm maupun penutup wajah. Karena kamu bakalan rasakan panasnya matahari pada jam-jam siang jika anda berada di daerah tropis. Oh ia, manfaat bersepada bisa dibaca juga disini.

Related Post

One Reply to “Bersepeda, Perhatikan 3 Hal Ini”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *