My Activities Tips n' Trik

Creative Content Blog di kelas MAM

Jumat sore 17 Juni 2016, lagi ada kegiatan untuk belajar blog bersama para blogger perempuan yang tergabung dalam Blog MAM (Makkunrai Anging Mammiri). Setelah menemukan jalan Rusa mencari tempat kedai bernama Papa Ong, dan lagi setelah dua putaran kebingungan, tempatnya hanya 2 bangunan untuk menuju kantor Care ke arah jalan Domba.  Materi hari itu How To Write Creative Content Blog

Mba Vita yang salah seorang anggota dari Komunitas Blog MAM,  memberikan beberapa hal yang harus dimiliki dari sebuah blog, tidak hanya bagaimana content itu sendiri, tapi bagaimana blog kita itu bisa memberikan dampak positif.

Sebelum mba vita lanjut ke inti materi, hal pertama yang  dilakukannya mengenal satu persatu peserta yang hadir, mengenalkan nama, nama blog, dan juga nieche dari blog itu sendiri. Kebanyakan dari peserta yang ikut blognya merupakan nama sendiri atau bisa dibilang personal branding berisi tulisan pengalaman atau soal curhat.

Ruangan yang sudah direservasi oleh mba Qiah di Kedai Kopi Papa Oeng itu, sesekali diselingi dengan pertanyaan. Diawal materi, mba Vita pemilik dari blog Vita Masli – An Excited Blogger menjelaskan ada dua  platform yang bisa digunakan dalam membuat blog yaitu BlogSpot dan WordPress, keduanya punya kelebihan dan kekurangan.

How To Write Creative Content Blog

Presentasi yang ditampilkan ternyata keren abiest, butuh waktu berapa lama yah bisa buat kayak gitu (pikirku). Meski ngga terlalu banyak slide tapi isinya daging semua.

Lanjut nah, untuk menarik pembaca ke blog, hal yang harus dilakukan adalah mengenali pembaca. Blog saat ini merupakan media yang efektif untuk meneruskan informasi apapun. Tulisan yang kreatif dan unik akan memikat pembaca hingga selesai bahkan dapat dishare ke orang lain. Terlepas dari pemilihan kata, blog tidak hanya berisi informasi berupa teks semata, tetapi dapat juga berupa tampilan foto atau gambar yang menarik, video, suara atau film pendek.

Nah, untuk menulis creative content blog bisa didasarkan pada 5 hal, yaitu:

1. Foto
Blog yang berisi hanya kata-kata, akan kurang menarik untuk dibaca, Mengapa??? karena biasanya pembaca butuh gambar yang memperlihatkan apa sih yang sedang kita tuliskan. Gambar atau foto yang ditampilkan baiknya menggunakan foto yang diambil sendiri atau secara hukum legal untuk digunakan. Selain itu, kita bisa juga menggunakan foto yang disediakan oleh situs-situs tertentu secara gratis.

Ada beberapa situs yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi yang fotonya bisa digunakan secara gratis untuk memperkuat content blog :

2. Infografis
Tulisan atau postingan yang panjang  dapat dipersingkat dengan menggabungkan teks dan gambar, teknik ini disebut dengan infografis. Membuat infografis bisa dilakukan di 3 aplikasi yaitu Photoshop, Power Point dan juga situs infografis.

Untuk situs infografis sendiri bisa dilakukan di 4 situs ini:

3. Video
Hal-hal yang terkadang sulit untuk dituliskan dapat disatukan dengan audio dan visualisasi. Membuat video sedikit banyak telah digunakan sebagai model konten yang lebih menarik. Biasanya, konten bersifat tutorial yang kemudian dapat dipublish ke blog ataupun meng-uploadnya ke YouTube.

4. Presentasi
Membuat konten dengan bentuk slide juga dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan untuk melengkapi konten blog. Umumnya, materi yang dibuat melalui slide lebih singkat dan padat.

5. Podcats
Merekam sendiri suara yang meringkas isi postingan dalam file audio. Isi dari podcast digunakan untuk membicarakan suatu hal entah itu review, tutorial, penjelasan, dan apapun itu yang akan ditampilkan di blog. Meski ini sesuatu hal yang sudah lama, namun penggunan Podcast di Indonesia tidak sebanyak di luar negeri seperti Amerika, UK, Australia dll kata podcast sudah cukup umum karena yang dengarkan podcast disana sudah banyak sekali.

The Power Of Visual Content

Hal yang perlu diperhatikan dalam blog itu adalah visual content

Mengapa????

Karena, konten yang berisi visual memliki kekuatan yang besar

Tips dan Saran How Write Creative Content Blog

Beberapa saran dari mba Vita terkait how to write creative content blog :

  • Membuat creative content butuh keahlian. Perbanyak membaca agar diksi bertambah, banyak jalan-jalan untuk melihat sesuatu yang tak “terlihat” orang lain, perluas pergaulan, tambah wawasan dan belajar melihat dari sudut pandang yang berbeda
  • Sabar. Membuat creative content tidak asal sekali jadi
  • Terulah bereksplorasi dari apa  yang kita bisa
  • Berguru kepada yang ahli
  • Konten yang dibuat haruslah dipahami pembaca dan mempunyai informasi yang akurat agar dapat tercerahkan dan blog terjaga kredibilitasnya

Dan yang terpenting juga “A Creative content is all about follow your passion and always be your self”

Di akhir materi, mba vita memperlihatkan slide yang berisi creative content blog menurut pakarnya.

2 thoughts on “Creative Content Blog di kelas MAM”

Leave a Reply