Tips n' Trik

Menulis, Keterampilan dan Tekniknya

Menulis

MenulisMenulis, kata ini bagi beberapa orang mungkin agak susah untuk dilakukan. Belum lagi jika tidak ada mood dan bukan pula menafikan beberapa anggapan orang lain bahwa menulis itu gampang. Di kepala sudah terlintas banyak hal yang ingin ditulis, namun ketika sudah bertemu polpen dan kertas. Ide tulisan yang hendak ditulis itu seketika lenyap. Walhasil menulis itu jadinya susah.

Seperti saat ini, ide tulisan yang akan ditulis sudah tersusun rapi di catatan. Namun ketika hendak menuliskankannya dan menguploadnya ke blog itu ternyata saya benar-benar membutuhkan waktu berhari-hari. Ibarat lomba lari, butuh pemanasan yang panjang, terus terbayang juga lagi mengangkat barbel yang beratnya minta ampun.

Tapi ketika dapat chemistry-nya, ibarat air di saluran ledeng yang ngga mampet. Mengalir deras tanpa hambatan.

Membicarakan tentang menulis, itu bisa berkaitan apa saja. Baik yang fiksi maupun yang non fiksi. Terlebih jika kegiatan itu bisa dijadikan profesi dan menghasilkan pundi-pundi.

Menulis sebuah keterampilan

Ternyata dalam menulis itu tidak asal menulis saja, meskipun dalam kepala sudah bermunculan ide-ide dan siap untuk ditumpahkan di atas catatan maka kegiatan tersebut butuh keterampilan. Selain minat dan ambisi tentunya.

Semakin banyak berlatih, semakin terasah kemampuan yang dimiliki dan hasilnya akan memberikan warna terhadap tulisan yang kita buat. Tulisan yang berbobot akan menarik minat pembaca untuk terus membaca mulai dari awal hingga akhir tulisan.

Keterampilan menulis yang dimiliki, bisa dilihat dari pemilihan bahasa/diksi, kesesuaian dengan kaidah bahasa yang disepakati sesuai ketentuan yang berlaku. Entah dari sisi komunitas penulis tertentu atau dari kamus bahasa negara tertentu. Dan selain itu, gaya penuturan dan kemampuan merangkai kalimat perkalimat hingga menjadi sebuah paragraf dan akhirnya bisa menjadi pengetahuan baru serta rujukan untuk pembaca.

Dalam membuat tulisan, perlu dilakukan riset, pendalaman materi dan pengetahuan akan hal yang ditulis. Topik atau tema yang ditulis dibuat kerangka terlebih dahulu. Salah satu tool yang bisa digunakan adalah mind map, hal ini diperlukan agar tulisan yang kita buat bisa terpetakan dengan baik dan terarah.

Buku Mind mapMind map memiliki sttruktur yang hampir mirip dengan cara otak bekerja. Cabang-cabang yang dibuat merupakan sub topik dari tulisan yang hendak dibuat.

 

Leave a Reply