My Activities

Selling Competition bersama Mahasiswa P3TV

Selling Competition bersama Mahasiswa P3TV

Semangat pagi di pantai losari. Setelah melakukan kegiatan di pangkep, kali ini menikmati ahad pagi bersama anak-anak P3TV Poltek Ujung Pandang (3 November 2013). Sebanyak 40 mahasiswa yang terbagi kedalam 9 kelompok dan masing-masing beranggotakan 4-5 orang.

Selling Competition bersama Mahasiswa P3TV

Mereka akan melakukan selling competition, praktek dari mata kuliah kewirausahaan di kampus.  Dosen mata kuliah Bahrul Ulum Ilham yang merupakan juga Direktur dari LPB Makassarpreneur. Bersama beberapa teman dari komunitas ini ikut terlibat mendampingi adik-adik dan menjadi juri. Produk yang akan mereka jual adalah SUKMA JAHE, sarabba Makassar.

Selling Competition bersama Mahasiswa P3TV

Kegiatan ini dimulai dari jam 6 pagi sampai jam 9 pagi, masing-masing kelompok menjual 10- 20 buah. Menawarkan produk ke pembeli, dan satu hal merka harus tahu dan kenal produk yang mereka jual.

Tak ayal, penolakanpun menjadi cerita sedih, ditolak rasanya gimana gitu. Meski begitu, semangat dan termotivasi untuk menjual sampai batas waktu yang ditentukan tetap dilakukan. Dan  hasilnya ada kelompok yang mendapatkan margin keuntungan yang tinggi dibanding dengan teman-temannya yang lain.

Mungkin, ketika mereka berusaha lebih kuat lagi, hasilnya akan jauh dari yang dibayangkan.

Selling Competition bersama Mahasiswa P3TV

Bercerita tentang menjadi pengusaha, salah satu prasyarat sebelum jadi pengusaha adalah mengetahui seluk beluk penjualan karena inti usaha adalah mampu menjual. Berapa banyak orang mampu memproduksi tetapi tidak mampu menjual maka ia akan gulung tikar. Sementara orang yang mampu menjual, ia akan tetap eksis karena ia bisa mengambil barang untuk dijual dari produsen mana saja yang bisa memberi keuntungan.

Pemenang dalam kompetisi menjual atau selling competition ini adalah ditentukan dari pencapaian omzet penjualan yang tertinggi, kreatifitas dan kerjasama tim. Degan kegiatan praktek selling ini peserta dapat merasakan suka duka mendapatkan konsumen (pembeli), dan tata cara memasarkan produk yang dijual.

Jadi termotivasi nih untuk belajar dan sharing dengan siapa saja, terimakasih adik-adik. Sukses buat kalian yah =D.

Selling Competition bersama Mahasiswa P3TV

Leave a Reply