Kelas Belajar di SEO Moms Community (SEMOC)

SEO Moms Community (SEMOC), adalah wadah belajar para moms yang ingin belajar tentang SEO (Search Engine Optimization). Namun, jangan salah yah, komunitas ini meskipun ada kata “Moms” bukan berarti para ibu semua anggotanya.  Tapi, bagi perempuan yang ingin belajar dan mengenal apa itu SEO, selain itu sharing dan silaturahim juga. Anggota SEO Moms Community sendiri, terbagi 6 (enam) wilayah sesuai wilayah keberadaan membernya.

Saya sendiri ikut belajar di kelas ini setelah membaca postingan Kak Mugniar di sosial media dan nanya-nanya ke Kak Mugniar gimana caranya ikut. Apakah member dari komunitas ini adalah para moms? Ternyata tidak. Kak Mugniar sendiri merupakan koordinator wilayah Sulawesi. Ada Mom Wiwin Pratiwanggini koordinator Yogyakarta dan Jawa Tengah, Jawa Timur dikoordinatori oleh Mom Rahma Chemist dan Dewi Adikara, Sumatera dikoordinatori oleh Mom Arda Sitepu, Bali dan Nusa Tenggara dikoordinatori oleh Mom Rizky Ananda dan SEO Moms 4 (di luar wilayah di atas) dikoordinatori oleh Mom Lidya Fitrian.

Sesuai dengan taglinenya, Media Belajar SEO Online dan Jaringan Komunitas Blogger SEO Perempuan Indonesia. Metode pembelajaran di kelas ini melalui whatsapp dan google meet. Jadi tetap ada interaksi antara mentor dengann murid 😀

Mengenal Founder SEO Moms Community

Adalah  M Sahlan nama asli dari founder SEO Moms Community, yang mana sejak SMA biasa dipanggil Qbenk. tutur bang Q, sapaan dalam komunitas ini bercerita di group whatsapp.  Di awal perkenalan, setelah menjelaskan tentang dirinya dan alasan mengapa komunitas ini dibuat yakni upaya ungkapan kasih sayang bang Q kepada almarhumah ibunya yang wafat 25 November 2019. Jadi ini sebuah penghargaan dan dedikasinya sebagai anak untuk ibu yang telah melahirkan dan membesarkannya. Oh ia, Bang Q tinggalnya di Sei Raya, kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat.

Dunia SEO dikenalnya sejak tahun 2007 berawal dari tulisannya tentang narkoba, setelah membaca tulisannya, staf BNP memintanya  untuk menjadi pembicara tentang kampanye anti narkoba lewat blogging. Lalu kemudian di tahun 2008, bang Q mendalami dunia SEO tahun 2008 lewat forum forum online via email di SEO Master Indonesia hanya dengan modal alamat email dan warnet.

Semua bisa jadi pelajaran bagi kita, bahwa hidup dalam kesulitan ekonomi bukan jadi penghalang kita untuk maju, nasehat bang Q yang masih bercerita tentang awalnya menjadi blogger.

Materi yang dipelajari di SEO Moms Community

Jika kemudian kelas belajar ini, fikirannya adalah tentang cara menaikkan DA/PA blog karena ada kata SEO ternyata tidak seperti itu. Tapi, di kelas ini kita belajar bagaimana SEO berdasarkan google.

Dalam proses belajar SEO moms basic, Bang Q menggunakan prinsip “backlink adalah ratu setelah konten adalah raja”. Beliau menjelaskan dengan perumpamaan bahwa seluruh tukang bangunan memiliki teknik yang sama dalam membangun sebuah pondasi bangunan, namun saat mulai membangun, mereka memiliki cara yang berbeda dikarenakan harus menyesuaikan dengan lahan yang dihadapi. Demikian juga dengan blog, semua memiliki teknik yang sama tetapi saat penerapan mereka harus menyesuaikan dengan platform yang digunakan.

Seo Onpage

Berikut tahapan dalam mengoptimasi seo onpage :

  1. Titel blog
  2. Deskripsi utama blog
  3. Deskripsi penelusuran
  4. Desain dan tata letak blog
  5. Struktur blog
  6. Meta tag header (blogspot)
  7. Meta robot txt (blogspot)
  8. Struktur konten
  9. Penulisan standar seo
  10. Related link konten

Untuk melihat struktur blog, disarankan untuk menginstal ekstensi SEO META in 1 CLICK di browser Google Chrome, dan penting pula ketika membuat judul artikel disarankan menyisipkan kata kunci sebelum masuk ke konten tulisan.

Offpage

Rumah yang cantik itu dimulai dari dalam baru dari luar, pesan bang Q. Membenahi bagian dalam blog menjadi parameter utama google untuk memandang apakah blog yang kita miliki itu bagus. Anggaplah bahwa google sebagai tamu yang datang ke rumah kita, jika dia betah itu karena rumah kita nyaman untuk didatangi.

Jadi singkatnya offpage adalah pengoptimalan web atau blog dari luar.

Practice

Namanya belajar, kalau ngga diterapkan mana bisa ditahu apakah kita paham dengan apa yang sudah dipelajari. Mempelajari SEO itu perlu banyak praktek, tentunya dengan menulis baik dengan mengikuti lomba ataupun hanya menuliskan kegiatan sehari-hari.

7 thoughts on “Kelas Belajar di SEO Moms Community (SEMOC)

  1. ikut kelas ini saya jadi melek SEO, awalnya ngeblog itu ya suka-suka aja, ngejar DA/PA biar bisa keangkut klo ada job tapi cuek dengan SEO, padahal itu kuncinyaa. hihih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *