5 Hal Yang Dilakukan Saat Musim Hujan

Menghadapi musim hujan, tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan. Memiliki kondisi tubuh yang fit, dikarenakan aktifitas yang dilakukan dari pagi hingga malam hari. Selalu menjadi prioritas bagi mereka yang punya seabrek aktifitas.

Belum lagi datangnya musim hujan bisa meningkatkan resiko berbagai penyakit. Mulai dari diare hingga demam berdarah DBD (Demam Berdarah Dengue) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk ini banyak berkembang biak di sampah, terutama yang tergenang oleh air. Selain penyakit tersebut, tubuh pun rentan terserang flu dan batuk  yang membuat virus dan bakteri mudah berkembang biak.

Saat musim hujan, terjadi perubahan suhu yang ekstrem antara udara siang hari dan malam hari. Udara yang panas terik pada siang hari biasanya akan mendadak menjadi dingin ketika hujan datang. Perubahan cuaca akan sangat berefek pada kondisi tubuh.

Persiapkan 5 Hal Ini Saat Musim Hujan

Nah, di musim hujan ini ada beberapa yang mesti dipersiapkan dan dilakukan agar saat musim hujan, bisa bebas dari penyakit.

  • Minum air putih yang cukup. Setiap harinya, tubuh butuh cairan, 1,5-2 liter air setiap hari akan memenuhu kebutuhan cairan.
  • Istirahat cukup. Rata-rata tidur yang dibutuhkan 6-8 jam perharinya. Ini dikarenakan selama tidur, sel-sel dalam tubuh akan mengalami regenerasi dan nantinya akan membuat tubuh tetap segar dan bugar.
  • Cuci tangan di air mengalir terlihat sangat sederhana, tapi banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan mencuci tangan di air mengalir dan menggunakan sabun dapat mencegah berbagai penyakit  infeksi.
  • Lakukan kegiatan olahaga yang ringan meski berada di rumah saat hujan turun. Olahraga ringan, seperti berjalan, lari, bersepeda, setidaknya 3-5 kali per minggu.
  • Mengkonsumsi suplemen kalsium terbaik menjadi nutrisi tambahan sebagai penyeimbang makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Ini dilakukan jika sudah melakukan pola hidup sehat namun tetap saja jatuh sakit. Selain itu, menyiapkan suplemen penambah darah juga menjadi hal yang bisa dilakukan jika kamu memiliki anemia.

Baca juga : Makanan penambah darah untuk kesehatanmu

Pastikan teman-teman menjaga daya tahan tubuh agar tubuh benar-benar sehat di musim hujan.  Karena jika satu saja penghuni rumah yang sakit, tentu akan berefek pada penghuni lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *