2 Cara Memperbaiki Broken Link

Bagaimana cara memperbaiki broken link sebagian dari materi. Hari itu Rabu 14 Desember 2016 merasa ragu juga apakah bisa datang dan ikut belajar di kelas MAM. Secara materi kelas kali ini, cukup menggiurkan untuk diikuti dan sudah lama juga mencari tahu bagaimana memperbaiki kualitas “rumah” tulisan. Link Building, membangun backlink untuk memperbanyak link yang mengarah ke blog kita, agar visitor makin meningkat dan blog makin populer dibawakan oleh kak Nanie Koe.

Jadwal belajarnya yang berdekatan dengan jadwal kegiatan lainnya pukul 2 siang waktu Makassar itu bikin harap-harap cemas. Pengen ikut tapi sudah punya janji. Belum lagi cuaca yang sedang tidak bersahabat, mendung, dan hujan yang tiba-tiba datang menghampiri.

Info di group Line MAM, teman-teman sudah berdatangan dan tampak juga kelas yang sudah mulai di Peeple Cafe Jalan Singa. Akhirnya setelah penantian di sekret dan yang ada hanya kami bertiga sharing perkembangan. Sayapun meminta izin untuk lanjut ke kelas MAM. Dan walhasil cukup telat juga untuk berada disana. Tiga slide terakhir :'(

Suara hujan yang menjadi backsound kelas, membuat saya sesekali memajukan diri untuk lebih dekat dengan pemateri untuk mendengar lebih jauh. Resiko duduk di belakang yang datangnya telat 😀

Di slide ketiga dari slide terakhir itu, kak nanie sedang menjelaskan tentang broken link. dimana broken link ini memiliki efek yang sangat tidak baik untuk blog. Jika kita mengklik halaman dan tidak ditemukan 404 not found maka akan mempengaruhi jumlah kunjungan tentunya. Sedang dari sisi SEO sendiri robot mesin pencari akan memandang kalau blognya kita kurang professional.

Di sini ada dua cara yang bisa dilakukan dalam memperbaiki broken link itu sendiri, yaitu :

  1. Website

Cek blog di  www.brokenlinkcheck.com. Masukkan security code pada kolom yang ditentukan. Prosesnya akan membutuhkan waktu tergantung seberapa banyak tulisan yang sudah diposting. Setelah proses itu selesai, maka akan ditampilkan halaman mana saja yang mengalami broken link. Kemudian klik src yang akan menuntun pada kalimat yang dibold. Mengeditnya dilakukan secara manual. Buka postingan yang dimaksud dan masuk ke dashboard tulisan dalam bentuk text. Hapus bagian <a sampai > dan <a>.

Cara ini bisa dilakukan pada blog dengan platform wordpress maupun blogspot.

2. Plugin

Plugin yang digunakan plugin Broken link Checker. Yang hanya bisa diinstall pada blog yang berplatform wordpress,

Setelah diinstal maka masuk bagian tools dan klik broken link.

Setiap link yang error tersedia opsi yang terdiri dari Edit URL, Unlink, Not Broken, Dismiss. Jika tak ada broken link maka status link yang ada akan tampak seperti di bawah ini.

Link postingan yang error dapat diedit secara manual juga.

Sesi yang paling ditunggu  itu adalah sesi foto bersama. Oh ia, di kelas MAM kali ini ada blogger dari Spanyol juga. dan juga ini adalah kelas MAM yang ke tujuh di penghujung tahun 2016. Kelas yang sangat ramah buat para perempuan yang tidak perlu pulang terlalu malam untuk belajar.

Foto by QiahLadkiya

 

 

Related Post

5 Replies to “2 Cara Memperbaiki Broken Link”

Leave a Reply