My Activities

Menata Masa Depan di Sekolah Baru

Menata Masa Depan di Sekolah Baru

Tahun ajaran baru sudah di mulai, tahun 2013-2014. Kegiatan yang biasa dilakukan di awal tahun untuk “mengesahkan” siswa baru yang biasa dikenal dengan nama MOS (Masa Orientasi Siswa).  Siswa diperkenalkan mengenai lingkungan sekolah dan aturan sekolah.

Di sekolah yang baru, adalah saat siswa melakukan transisi dari baju biru ke abu-abu. Selama MOS, siswa diajak berkeliling sekolah, menjaga kebersihan lingkungan, mengenal jurusan, kegiatan ekstrakurikuler, dan teman-teman baru tentunya.

Sekolah yang bermasa belajar empat tahun ini terletak di jalan Sunu No. 162 Makassar dengan nama SMK Negeri 5  (STM Pembangunan), membuka 15 kelas dengan 11 jurusan. Adapun jurusan yang dibuka berjumlah dua kelas, yaknik jurusan Gambar Bangunan (GB), Konstruksi Bangunan (KB), Teknik Kendaraan Ringan (TKR),Teknik Alat Berat (TAB), sedangkan jurusan yang dibuka dengan satu kelas yakni Teknik Pemesinan (TPM), Teknik Pengelasan (TPL), Elektronika Industri (EI), Teknik Pendingin (TP), Mekatronika (Meka), Teknik Listrik (TL) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) . Masing-masing kelas berisi 32 siswa.

Marching Band salah satu kegiatan ekstrakurikuler

Kegiatan MOS dilakukan dalam dua periode, pertama merupakan masa pra MOS yang dilakukan selama dua hari, dari Jumat dan sabtu (12-13/7), siswa diharuskan memakai pakaian putih hitam dan membawa alat kebersihan seperti sapu ijuk dan sapu lidi, dan kedua adalah masa MOS, selama tiga hari Senin sampai Rabu (15-17/7) dengan mengenakan pakaian sekolah putih abu-abu.

Meski dilakukan di bulan Ramadhan, kegiatan MOS berjalan seperti di bulan-bulan biasa, Walau tak bisa dipungkiri ada beberapa siswa yang pingsan karena tidak kuat mengikuti kegiatan tersebut. Tapi, keceriaan di wajah para siswa terlihat gembira.

Tercatat ada sekitar 500-an pendaftar ingin masuk ke sekolah ini, pendaftar yang jumlahnya menurun dari tahun sebelumnya yang hampir mencapai 1000 pendaftar. Kurangnya pendaftar dikarenakan tingginya passing grade yang diberikan oleh sekolah, begitupula dengan nilai angka kelulusan. Untuk jurusan yang peminatnya selalu banyak tiap tahun semisal TKR dan TKJ saja, passing grade yang diberikan dengan rata-rata nilai 7,0.

Namun, itu tidak menyurutkan minat warga sekitar Makassar dan luar Makassar untuk mendaftar.

Leave a Reply