Kartu online

Games Kartu Solitaire

Saya masih ingat saat waktu masih sekolah dulu di salah satu sekolah negeri di Makassar, saat itu jika waktu istirahat tiba, saya harus melewati ruang kantor sekolah. Jarak antara kantin dengan ruang belajar yang lumayan jauh membuat saya harus segera bergegas.

Tapi, saya tidak akan bercerita tentang kantin :D.

Ada satu kejadian yang membuat saya penasaran. Saat melelwati ruangan kantor, saya melihat pegawai sekolah sedang berada di depan komputer.

Yang menariknya adalah layar desktopnya sedang memperlihatkan kartu-kartu yang berjejer. Saya tidak tahu saat itu apa nama gamesnya. Tapi melihatnya menikmati permainan itu, saya sepertinya tertarik. Tapi, sayang harga komputer saat itu masih belum bisa dijangkau 🙁

Sejarah Games Kartu Solitaire

Games kartu Solitaire diciptakan dari keisengan Wes Cherry karyawan magang di Microsoft pada tahun 1988 atau dua tahun sebelum Solitaire dirilis. Karyawan yang sedang bekerja tak perlu meninggalkan komputer atau kerjaannya. Eh, dengan melalui games ini, microsoft mengajari pengguna untuk menggunakan mouse.

Namun sebelum populer menggunakan teknologi dengan munculnya komputer desktop,  games kartu Solitaire ditemukan oleh seorang bangsawan Prancis selama penahanannya di Bastille, atau setidaknya itulah yang diklaim oleh beberapa versi cerita asal permainan ini, pada abad ke-17, saat Raja Louis XIV menggunakan benteng untuk memenjarakan bangsawan yang tidak “terhubung” dengannya. Permainan kartu Solitaire umum dimainkan di Inggris, Polandia, Jerman, dan negara-negara Skandinavia.

 

Cara Bermain Games Kartu Solitaire

ekarang, kita bisa memainkan games ini di solitaire.org. Kartu ini berjumlah 54 kartu permainan standar, ditumpuk ke dalam urutan yang berdasarkan stelan seperti K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, A. Dan dibedakan menjadi 4 suit atau jenis kartu yaitu :

  1. ♠ Spade atau sekop (juga disebut “waru”)
  2. ♥ Heart atau hati
  3. ♦ Diamond atau berlian (juga disebut “wajik”)
  4. ♣ Club atau keriting

Solitaire games

Games ini terihat mudah, namun ketika dimainkan juga perlu trik agar saat membuka kartu tidak terblokir sehingga game over. Games ini bisa juga dijadikan sebagai games untuk mengasah otak, selain menantang dan bikin gemes. Tapi, jangan keasyikan mainnya dan lupa kerjaan kantor yang sedang dikerjakan. Karena sejak diciptakan, banyak karyawan di jam kerja yang hilang karena permainan yang menantang ini. Menghindari pengawas, games ini bisa segera dialihkan antara jendela aktif.

Permainan kartu Solitaire ini, memiliki aturan, aturannya sebagai berikut:

  • Kartu disusun dari kiri ke kanan, dengan kartu paling bawah dari setiap tumpukan diletakkan menghadap ke atas.
  • Pindahkan kartu dari Tabel ke Fondasi, dimulai dengan Ace dari masing-masing suit.
  • Tumpukan undian adalah sumber kartu baru. Hanya satu kartu pada satu waktu yang dapat ditarik.
  • Kartu dengan peringkat yang lebih rendah secara berurutan dapat dipindahkan ke bawah kartu dengan peringkat yang lebih tinggi, tetapi hanya jika kartunya memiliki warna yang berbeda.
  • Permainan berakhir ketika semua kartu dihapus atau jika tidak ada gerakan yang memungkinkan.

Ada bermacam variasi bermain games ini, diantaranya:

  1. Forty Thieves Solitaire
  2. Freecell Solitaire
  3. Golf Solitaire
  4. Pyramid Solitaire
  5. Spider Solitaire

Tapi, ingat ketika bermain games, jangan melupakan pekerjaan yang sedang menanti di depan layar laptopnya.

Permainan Match 3

Nah, selain bermain kartu ada berbagai macam games lain yang bisa dimainkan secara online. Salah satunya adalah ZUMA BALL. Klik saja tab “match 3” akan ada berbagai pilihan.

Zuma ball ini permainan tentang menembak bola yang sama warnanya sehingga jumlah bolanya berkurang. Bola harus segera ditembakkan, jika tidak maka bola-bola berwarna itu akan masuk ke dalam lubang.

match 3 games

Pilihan dari website yang menyediakan games ini begitu banyak, dan semua itu mengulang permainan sewaktu kecil dulu. Meski sekarang kemudahan akan barang teknologi yang memunculkan games online dapat dijangkau, bukan berarti pekerjaan di depan mata tidak diselesaika. Tetap batasi diri, dan tetap menjalankan aktifitas pekerjaan dengan nyaman yah.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *