Lifestyle

Alat Kasir Multifungsi GoBiz untuk Pelaku Usaha

Alat kasir gobiz
Posted by Yhanthy

Alat kasir, sejak ditemukannya di tahun 1879 awalnya ditujukan untuk pencatatan komponen pajak dalam penjualan. Adalah John Ritty penemu alat kasir tersebut terinspirasi dari mengamati cara kerja alat otomatis yang merekam revolusi baling-baling kapal. Ritty memikirkan cara agar dirinya dapat menghentikan bartendernya mencuri uangnya di salonnya di Dayton, Ohio.

Seiring perkembangan, mesin kasir dibuat dari berbagai macam merk, tipe dan fungsi disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari mesin kasir offline yang paling standar dengan mesin penghitung dan tempat penyimpanan uang, hingga mesin kasir online dengan teknologi yang lebih maju sehingga mempermudah aktivitas operasional sehari-hari. Sesuai dengan fungsi awalnya, mesin kasir adalah alat untuk melakukan pencatatan transaksi penjualan untuk usaha.

Di tahun 2019, meningkatnya digitalisasi menjadi fenomena unik ekonomi global. Perannya terlihat semakin meluas hingga ke berbagai sendi kehidupan masyarakat. Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi digital yang pesat seiring dengan jumlah masyarakat yang sehari-hari mengakses dunia digital melalui smartphone atau komputer miliknya. Dan jumlah itu akan terus tumbuh setiap tahunnya.

Kemudahan akses dalam memenuhi kebutuhan menjadi hal yang penting saat ini dan itu terlihat dari perilaku perubahan dalam metode pembayaran dari tunai menjadi nontunai.

Usaha Mikro Kecil Menengah atau yang biasanya disingkat dengan UMKM merupakan salah satu sektor usaha yang penggunaan transaksi nontunai memberikan dampak positif dalam perekonomian seperti pertumbuhan ekonomi secara makro dan pertumbuhan UMKM dengan meningkatnya performa keuangan dari UMKM.

Alat Kasir Perangkat Multifungsi GoBiz

Keuangan yang dikelola dengan baik akan membuat usaha menjadi lebih transparan dan juga akuntabel. Dalam pengelolaan usaha, pelaku usaha UMKM mampu menunjukkan kinerjanya dalam mengelola usaha secara transparan dan akurat yang akan memberikan dampak yang baik bagi usaha, kondisi ini juga dilakukan demi keberlanjutan usaha ke depannya.

Manfaat penggunaan teknologi dalam pengelolaan usaha turut pula mendukung kemajuan dan keberlanjutan usaha. Salah satu teknologi yang bisa dilirik oleh pelaku usaha adalah teknologi dari Gojek, GoBiz.

GoBiz adalah super app dari Gojek yang diperuntukkan khusus para pengusaha di Indonesia. Semua bisa dikerjakan di GoBiz. Mengelola pesanan GoFood dan di toko, menerima pembayaran dari GoPay, menganalisa laporan penjualan, sampai buat promo.

Manfaat apa yang bisa diperoleh dari teknologi perangkat multifungsi dari GoBiz? Pelaku usaha akan mendapatkan 2 manfaat, yaitu:

1. Cetak struk instan

Dengan adanya alat kasir online atau perangkat yang sudah dilengkapi dengan built-in printer yang sangat sesuai dengan aplikasi GoBiz. Pelaku usaha tidak perlu membeli mesin tambahan untuk mencetak struk seperti mesin EDC (Electronic Data Capture), cukup satu alat sudah multifungsi. Pelaku usaha akan mendapatkan dua kertas printer, dan jika kertasnya habis, kertas printer bisa dibeli di online marketplace atau tempat fotokopi.

Alat kasirSumber gambar: https://gobiz.co.id/alat-kasir

2. Terima pembayaran kartu

Jadi saat kita akan membeli produk dari UMKM, tak perlu membawa uang tunai (cashless). Pembayaran atau transaksi non tunai di UMKM bisa menggunakan alat kasir/mesin kasir GoBiz. Apalagi saat ini di saat covid 19 yang belum berakhir, dan era new normal penggunaan transaksi nontunai menjadi alternatif dari penggunaan uang kertas.

Terebih pelaku usaha bisa menjangkau lebih banyak pelanggan lagi dengan menerima pembayaran kartu dan pembayaran nontunai seperti QRIS. Dengan perangkat ini, pelaku usaha tidak perlu mendaftar ke bank untuk menerima pembayaran kartu.

Untuk merasakan manfaat itu, pelaku usaha harus bermitra dengan Gojek. Melakukan pendaftaran dan membayar sebesar Rp 490.000 untuk biayanya. Dan setelah itu setiap hari dikenakan biaya  Rp 4.900.

Untuk saat ini, pendaftaran perangkat multifungsi dari GoBiz hanya bisa dilakukan bagi Mitra Usaha Gojek yang sudah terintegrasi dengan layanan GoFood/GoPay.

Perangkat multifungsi dari GoBiz
Sumber gambar: https://gobiz.co.id/alat-kasir

Keuntungan Menggunakan Alat Kasir

Ada beberapa keuntungan menggunakan Aat kasir bagi pelaku usaha, terutama usaha yang sudah ramai dikunjungi.

Waktu antrian pelanggan menjadi lebih cepat

Tidak butuh proses lama dalam menyelesaikan transaksi penjualan, pelanggan dapat langsung menyelesaikan pembayaran dengan menggunakan alat pembayaran seperti Qris ataupun kartu.

Pencatatan yang akurat

Jikalau sebelumnya, metode pencatatan usaha yang dilakukan secara konvensional atau offline melalui pencatatan di pembukuan. Sekarang di jaman modern dimana UMKM juga diharapkan bisa go modern dan go online. Pencatatan sudah bisa menggunakan cara online dan juga transaksi nontunaipun sudah bisa dilakukan dengan alat transaksi kasir.

Memproses pembelian pelanggan dengan cepat dan efisien serta menyimpan catatan akurat tentang transaksi penjualan harian.

Checkout Cepat

Mesin kasir akan memastikan bahwa tahap pembayaran bisnis  secepat dan semulus mungkin. Mereka dapat digunakan untuk menghitung dengan cepat total harga penjualan dari setiap transaksi. Dengan alat kasir dari GoBiz tak perlu memberikan uang kembalian ataupun menggunakan uang tunai.

Laporan Audit

Pencatatan menggunakan mesin kasir secara online akan memberikan informasi rinci tentang setiap transaksi penjualan. Stok bahan baku akan termonitor dengan baik dan memberikan jejak audit yang jelas. Pengambilan keputusan dalam usaha dengan melihat catatan transaksi dan keuangan bisa segera dieksekusi. Pelaku usahapun dapat menggunakannya untuk memastikan bahwa pemasukan dan pengeluaran usaha seimbang dengan benar.

Nah, tertarik bermitra dan mendapatkan manfaat dari GoBiz? #PastiAdaJalan.

9 thoughts on “Alat Kasir Multifungsi GoBiz untuk Pelaku Usaha

  1. Widia Purnawita

    GoBiz ini jadi lebih memudahkan mitra ya, semua jadi tercatat dan akurat 👍🏻👍🏻

  2. Marantina

    Perkembangan alat kasir sejak ditemukan tahun 1879 sudah pesat sekali, ya. Jadi mikir di masa depan alat kasirnya seperti apa 😀

  3. Ida Tahmidah

    Benar-benar membantu kita lebih termenej ya terlebih dalam pencatatan keuangannya. Hal yang penting pastinya utk mengukur kemajuan atau laba rugi usaha kita.

  4. Antin Aprianti

    Di zaman sekarang ini penting banget bisa bayar cashless, dengan adanya Go Biz memudahkan sekali. Pernah ngalamin langsung pas ke tempat laundry, transaksi jadi cepet

  5. Ani Berta

    Buat UMKM ini pas banget pastinya. Inovasi mesin kasir seperti ini sudah pasti sangat membantu usaha apapun termasuk usaha perseorangan.

  6. Adhe

    Manfaat nya bejibun sekali ini Gobiz hehe. Hal ini membuat semakin mudah nya transaksi bagi pembeli mauoun penjual. Apalagi saat ini banyak yang mengurangi penggunaan uang cash ( tunai ).

  7. Ulftriana

    Alat yang sangat diperlukan untuk berbelanja offline di era new normal

  8. ina tanaya

    Wah GoBisnis makin mempermudah pelayanan non tunai

  9. Mugniar

    Enaknya kalau merchant menggunakan GoBiz, meskipun kita membeli langsung, bisa bayar cashless ya. Apalagi kalau belinya pakai aplikasi Gojek.

Leave A Comment